RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Madrasah :
MTsN IV Angkat
Candung
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/ Semester : VIII/ 1
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Materi Pokok : Teorema
Pythagoras
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
3.6 Memeriksa kebenaran teorema Pythagoras dan tripel
Pythagoras
4.6 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.1 Melakukan percobaan untuk membuktikan kebenaran
teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
3.6.2
Menyajikan hasil pembelajaran teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
berdiskusi dan menggali informasi diharapkan peserta didik dapat:
1.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penerapan terorema Pythagoras tripel Pythagoras.
E.
Materi Pembejaran
1.
Tripel Pythagoras
F.
Pendekatan, Model, dan Metode
Pendekatan : scientifik
Model : Project Based Learning
Metode : Diskusi, inkuiri, penugasan.
G.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
· Peseta didik merespon salam serta mengekspresikan
nilai-nilai sosial dan kemanusiaan melalui
interaksi simpatik dan empatik.
· Guru meminta salah satu peserta
didik untuk memimpin doa dan mengkhatamkan Al-Qur’an
· Guru mengecek
kehadiran peserta didik, dan meminta peserta menyiapkan peralatan yang
diperlukan.
· Guru memberikan
motivasi dan evaluasi terhadap materi yang telah
dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
· Peserta didik menerima informasi tentang hasil materi yang telah di pelajari pada
pertemuan sebelamunya.
· Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, indikator,
dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati:
·
Untuk
membangun konteks pembelajaran, peserta didik mengamati materi yang disajikan
oleh pendidik. Pendidik memberikan beberapa contoh yang berhubungan dengan Tripel Pythagoras
Menanya:
·
Bersama teman
sebangku Peserta didik bertanya jawab tentang Tripel Pythagoras
Menalar/mengeksplorasi:
·
Bersama teman
sebangku, peserta didik berdiskusi tentang Tripel Pythagoras
Mencoba/mengasosiasi:
·
Bersama teman
sebangku, peserta didik merumuskan tentang Tripel Pythagoras
·
Bersama teman
sebangku, peserta didik merumuskan struktur Tripel
Pythagoras
Mengomunikasikan:
·
Salah satu
siswa mempresentasikan hasil diskusinya kedepan kelas/ di kelompok
masing-masing.
·
Kelompok lain
menanggapi penampilan dari kelompok yang tampil.
|
60 menit
|
Penutup
|
· Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
· Peserta didik bersama guru melaksanakan refleksi terhadap
kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
· Guru menugasi peserta didik
untuk membuat tentang Tripel
Pythagoras
· Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
memberikan pesan untuk tetap belajar.
· Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya.
· Guru meminta siswa agar membaca tentang materi
berikutnya
· Guru mengucapkan salam penutup.
|
10 menit
|
H.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Penilaian
sikap
Instrumen Penilaian (Jurnal)
Sikap
:

Penilaian Hasil
1. Penilaian pengetahuan
1.2. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan pola bilangan dan persamaan garis,
1.3.Hubungan gradien dengan persamaan garis lurus
(pengayaan)
Teknik Penilaian
Tes tertulis
Bentuk
Penilaian
Uraian
NO
|
SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1.
1.
|
Suatu ketika suci dan susi diminta menentukan
apakah 8-17-15 adlah suatutripel Pythagoras. Kemudian mereka menjawab :
1.
Suci
![]()
2.
Susi
![]()
manakah yang benar? Jelaskan.
|
Yang benar adalah
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
50
|
2.
2.
|
Tentukan
![]()
a.
b.
![]() ![]() |
a.
Nilai
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]()
b.
Nilai x adalah
![]() ![]() ![]() ![]()
b merupakan garis horizontal/ sisi mendatar
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
50
|
![]() |
Pedoman Pen skoran penilaian pengetahuan :
1.
Soal
pengetahuan
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa
menjawab dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa
menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa
menjawab benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa
menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR
MAKSIMAL
|
4
|
2.
Soal keterampilan
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa
menjawab dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa
menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa
menjawab benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa
menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR
MAKSIMAL
|
4
|
Pedoman
Penskoran penilaian keterampilan :
Soal pengetahuan
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa
menjawab dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa
menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa
menjawab benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa
menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR
MAKSIMAL
|
4
|
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Pemberian
bimbingan khusus, misalnya bimbingan perorangan
3. Pengayaan
Secara mandiri
peserta didik belajar memahami struktur tentang persamaan garis lurus, hubungan pola bilangan dan persamaan garis,
hubungan gradien dengan persamaan garis lurus (pengayaan)lurus.
I.
Alat, bahan, dan Sumber
Belajar
1.
Alat / Bahan :
materi dan soal tentang tentang Tripel
Pythagoras.
2.
SumberBelajar :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. matematika
Buku siswa Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Mengetahui, Candung,
14 November 2016
Guru Pamong Mahasiswa
PPL
Hj.
Neni Triana, S.Pd
Suci Pramita
NIP.
196905011994122002 NIM.
2413055
Tidak ada komentar:
Posting Komentar